Murniasihmu

Mari Belajar Ilmu Pasti : Manfaatkan Internet Sebagai Media Pembelajaran

TEORI ATOM DALTON

Pada hakikatnya semua zat kimia dibentuk oleh partikel kecil yang disebut atom. Pemahaman manusia tentang peristiwa kimia tergantung pada perkembangan teori mengenai atom. Walaupun atom sudah diperkirakan para ahli sejak lama tetapi perkembangannya tidak pesat, karena bergantung pada kemajuan ilmu lain seperti fisika, matematika, dan teknologi.

Kira – kira 400 SM, Democritos menyatakan bahwa materi terdiri atas partikel terkecil yang disebut atom. Akan tetapi teori ini tidak berkembang karena hanya hasil pemikiran dan tidak didukung oleh percobaan. Pada akhir abad 18 mulai dilakukan percobaan.

Jika kita simak kembali hukum tersebut, yang pertama menyatakan bahwa dalam reaksi kimia tidak ada massa yang hilang atau tercipta, tetapi hanya perubahan dari bentuk satu kebentuk yang lainnya. Hukum kedua menyatakan perbandingan massa tiap unsure dalam senyawa adalah tetap. Hal ini menunjukkan bahwa unsure dan senyawa mempunyai partikel terkecil dengan ukuran dan massa tertentu. Dengan penalaran seperti itu, akhirnya John Dalton (1807) merumuskan pernyataan yang disebut teori atom Dalton.

1.    Materi terdiri atas partikel terkecil yang disebut atom. Atom tidak dapat dibagi dan tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan .

2.    Atom suatu unsur mempunyai sifat yang sama dalam segala hal ( ukuran, bentuk, dan massa).

3.    Reaksi kimia adalah penggabungan , pemisahan, atau penyusunan kembali atom – atom .

4.    Atom suatu unsur dapat bergabung dengan atom unsur lain membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana.

 

Jika ditinjau dari teori modern  terdapat beberapa kelemahan teori atom Dalton, yaitu sebagai berikut:

1.    Dalton menyatakan bahwa atom tidak dapat dibagi ladi.kini telah dibuktikan bahwa atom terbentuk dari partikel dasar ( yang lebih kecil dari atom), yakni neutron, proton dan electron.

2.    Menurut Dalton, atom tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan. Ternyata dengan reaksi nuklir satu atom dapat diubah menjadi atom unsur lain.

3.    Dalton menyatakan bahwa atom suatu unsur sama dalam segala hal. Sekarang ternyata ada isotop, yaitu atom unsur yang samatetapi massanya berbeda.

4.    Perbandingan unsur dalam satu senyawa menurut Dalton adalah bilangan bulat dan sederhana. Tetapi kini semakin banyak ditemukan senyawa dengan perbandingan yang tidak sederhana , misalnya C18H35O2Na.

 

Walaupun mempunyai kelemahan, teori atom Dalton merupakan tonggak sejarah dalam kemajuan ilmu kimia. Ia yang mula – mula melahirkan teori berdasarkan percobaan, maka Dalton disebut sebagai bapak ilmu kimia, sebagaimana Newton dalam fisika. Teori atom Dalton tidak hanya dapat menjelaskan hukum dasar, tetapi juga hukum penyatuan Avogadro.

 

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: