Murniasihmu

Mari Belajar Ilmu Pasti : Manfaatkan Internet Sebagai Media Pembelajaran

Panduan Instalasi Smart Font Transliterator Bali Galang

Untuk Komputer dengan Sistem Operasi Microsoft Windows Vista atau Windows 7

Panduan instalasi Smart Font Transliterator Bali Galang ini dibuat dalam dua versi untuk tiga sistem operasi komputer yang berbeda; Microsoft Windows XP dan Microsoft Windows Vista atau Windows 7. Jika komputer Anda menggunakan sistem operasi Windows Vista atau Windows 7 silakan melanjutkan membaca panduan instalasi ini. Jika komputer Anda menggunakan sistem operasi Windows XP, Anda dapat menggunakan panduan instalasi lainnya yang disertakan bersama dokumen ini. Jika Anda tidak mengetahui sistem operasi yang terpasang pada komputer Anda silakan mencoba melakukan instalasi menggunakan panduan Windows XP terlebih dahulu.

Pemasangan Smart Font Transliterator Bali Galang pada komputer Anda terdiri atas lima tahapan sederhana. Prosesnya mudah dan memakan waktu tidak lama, kurang lebih 10 menit tergantung pada kemampuan komputer Anda. Pertama adalah tahap persiapan melakukan pemasangan aplikasi. Kedua adalah instalasi aplikasi OpenOffice.org yang akan digunakan dalam menulis dokumen aksara Bali. Ketiga adalah instalasi Smart Font Transliterator Bali Galang itu sendiri agar bisa dikenali oleh komputer. Keempat adalah instalasi keyboard driver untuk mendukung penulisan aksara Bali sehingga nantinya mampu memasukkan karakter-karakter istimewa. Terakhir adalah sedikit bantuan pengaturan sehingga Anda bisa mempergunakan Smart Font Transliterator Bali Galang dengan lebih nyaman dan mudah.

 

1)       Persiapan Instalasi

Pertama-tama, pastikan komputer Anda dalam keadaan baik dan tidak terserang virus. Siapkan CD instalasi Smart Font Transliterator Bali Galang dan masukkan ke dalam CD drive komputer Anda. Umumnya sistem komputer Anda akan secara otomatis mendeteksi CD yang Anda masukkan dan akan menampilkan jendela isi CD ke layar komputer.

Jika hal ini tidak terjadi, Anda dapat membuka ‘Computer’ dari taskbar ‘Start Menu’ (Tombol besar di pojok kiri bawah layar komputer Anda dengan lambang Windows).

Setelah Anda membuka jendela ‘Computer’, Pilih dan buka CD drive yang bertuliskan ‘Bali Galang’. Jika Anda lakukan dengan benar maka Anda akan melihat jendela yang berisi isi dari CD Instalasi Smart Font Transliterator Bali Galang seperti pada gambar pertama. CD berisi 4 buah folder yaitu: Dokumen, Font, Keyboard Driver, dan OpenOffice.org 3.2.0. Folder Dokumen berisi versi digital dari panduan instalasi yang sedang Anda baca dan beberapa berkas bantuan untuk dapat menjalankan Smart Font Transliterator Bali Galang dengan baik. Folder Font berisi berkas Smart Font Transliterator Bali Galang itu sendiri yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tahap ketiga instalasi nantinya. Folder Keyboard Driver akan Anda butuhkan untuk menyelesaikan instalasi tahap keempat. Folder terakhir yaitu OpenOffice.org 3.2.0 berisi aplikasi OpenOffice.org yang segera Anda butuhkan untuk melanjutkan proses instalasi ke tahap kedua. Silakan buka folder ini dan lanjutkan proses pemasangan ke tahap dua di bawah ini.

 

2)      Instalasi Aplikasi OpenOffice.org

Smart Font Transliterator Bali Galang saat ini baru bisa digunakan pada aplikasi OpenOffice.org. Keuntungannya adalah aplikasi ini bersifat open source sehingga dapat diperoleh dengan gratis dan dapat disebarluaskan dengan bebas. Selain itu penggunaannya juga sangat mudah karena mirip sekali dengan aplikasi Microsoft Office yang lebih umum digunakan.

Kebutuhan sistem komputer untuk dapat menjalankan aplikasi ini adalah:

a)    Windows 2000 (minimal Service Pack 2), Windows XP, Windows 2003, Windows Vista, Windows 7, Linux, Mac OS X, atau Solaris.

b)    256 MB RAM (Direkomendasikan 512 MB RAM).

c)    Minimal tersedia ruang kosong di harddisk sebesar 440 MB.

d)   Resolusi layar 1024 x 768 atau lebih tinggi dengan minimal 256 warna.

Proses instalasinya adalah sebagai berikut ini:

a)   Jalankan paket instalasi OpenOffice.org yang terletak di dalam folder OpenOffice.org 3.2.0 pada CD instalasi. Berkasnya berjudul “OOo_3.2.0_Win32Intel_install_wJRE_en-US.exe”.

b)   Pilih ‘Next’ pada jendela yang muncul kemudian.

c)   Pilih ‘Unpack’ untuk melanjutkan proses pemasangan.

d)  Tunggu proses yang berlangsung hingga selesai dan muncul jendela baru.

e)   Pilih ‘Next’ untuk melanjutkan pemasangan.

f)    Masukkan nama Anda dan organisasi Anda (jika ada) pada kotak yang disediakan. Lanjutkan dengan menekan tombol ‘Next’.

g)   Pilih ‘Next’ untuk melanjutkan pemasangan. Pengguna komputer tingkat mahir dapat menentukan sendiri fungsi yang ingin dipakai atau dihilangkan dalam aplikasi dengan memilih ‘Custom’.

h)  Pilih ‘Install’ untuk melanjutkan pemasangan. Tunggu hingga proses pemasangan selesai.

i)     Selesaikan proses pemasangan ini dengan menekan ‘Finish’.

j)     Anda telah selesai melakukan instalasi aplikasi OpenOffice.org. Anda boleh menghapus berkas instalasi yang terdapat pada desktop Anda karena berkas ini tidak diperlukan lagi. Berkas ini normalnya bernama ‘OpenOffice.org 3.2 (en-US) Installation Files’.

 

3)      Instalasi Smart Font Transliterator Bali Galang

Langkah berikutnya adalah memasang Smart Font Transliterator Bali Galang pada sistem komputer Anda. Hal yang perlu dilakukan cukup sederhana, yaitu melalui langkah-langkah berikut ini:

a)   Sorot dua berkas font yang disertakan bersama panduan ini. Nama berkas-berkasnya adalah ‘SF_trans_baligalang_v.1.0.ttf’ dan ‘SF_trans_baligalang_nonspace_v.1.0.ttf’.

b)   Klik kanan pada kedua berkas font dan pilih opsi ‘Install’. Tunggu hingga proses pemasangan selesai.

c)   Selesai, Smart Font Transliterator Bali Galang sudah terpasang pada komputer Anda. Anda dapat memeriksa hal ini pada jendela ‘Fonts’ dari Control Panel. Versi terbaru dari Smart Font Transliterator Bali Galang yang terpasang pada komputer Anda akan bernama ‘Bali Galang Regular’ dan ‘Bali Galang Tanpa Spasi Regular’.

4)     Instalasi Keyboard Driver

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk dapat mempergunakan Smart Font Transliterator Bali Galang adalah memasang driver keyboard khusus untuk font ini. Langkah-langkahnya juga cukup mudah yaitu sebagai berikut:

a)   Jalankan paket pemasangan Keyboard Driver yang terletak di dalam folder Keyboard Driver pada CD instalasi. Berkasnya berjudul “setup.exe”.

b)   Proses pemasangan akan berjalan secara otomatis. Selesaikan instalasi dengan menekan ‘Close’.

c)   Langkah berikutnya adalah memunculkan ‘Language Bar’ pada taskbar ‘Start Menu’. Buka ‘Control Panel’ melalui tombol lambang Windows (hampir sama seperti langkah ketika membuka ‘Computer’ di awal panduan).

d)  Pada jendela ‘Control Panel’ pilih dan tekan fitur ‘Change keyboards or other input methods’.

e)   Pada jendela ‘Region and Language’ yang muncul, tekan tombol ‘Change keyboards’ untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

f)              Pada jendela ‘Text Services and Input Languages’ yang muncul, tekan tab ‘Language Bar’ seperti yang ditunjukkan pada panah nomer 1 yang akan memindahkan Anda ke halaman ‘Language Bar’. Pilih opsi kedua ‘Docked in the taskbar’ seperti yang ditunjukkan pada panah nomer 2. Jangan lupa untuk mencentang opsi paling bawah ‘Show text labels on the Language bar’ seperti yang dtunjukkan oleh panah nomer 3. Tekan tombol ‘OK’. Tutup semua jendela yang tadi muncul dengan menekan tombol ‘OK’ pada setiap jendela.

g)   Kini pada taskbar ‘Start Menu’ di sudut kanan bawah layar komputer Anda (di sebelah tampilan jam digital dan tanggal) sudah terpasang ‘Language Bar’. Kiswahili (Kenya) dengan simbol ‘SW’ adalah bahasa keyboard yang dipakai sewaktu menjalankan Smart Font Transliterator Bali Galang pada aplikasi OpenOffice.org.

 

5)      Pengaturan Aplikasi Terpasang

Saat ini seluruh aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan Smart Font Transliterator Bali Galang sudah terpasang pada komputer Anda. Langkah berikutnya adalah mengatur aplikasi untuk pemakaian sehari-hari. Jika seluruh tahapan sebelumnya sudah Anda selesaikan dengan benar, seharusnya di desktop (layar utama komputer) Anda saat ini sudah terdapat icon shortcut untuk aplikasi OpenOffice.org 3.2.

Anda bisa menggunakan icon shortcut ini untuk memulai membuka OpenOffice.org. Pertama kali menjalankan aplikasi OpenOffice.org akan terasa agak berat karena aplikasi sedang melakukan penyesuaian terlebih dahulu. Aplikasi OpenOffice.org akan menanyakan beberapa hal kepada Anda, tetapi tidak perlu khawatir karena hal ini hanya dilakukan sekali saja ketika aplikasi baru dijalankan untuk pertama kalinya.

Halaman awal aplikasi OpenOffice.org adalah seperti yang tertampil di atas. Untuk memulai menulis dokumen teks, Anda bisa memilih ‘Text Document’. Untuk membuat dokumen presentasi, Anda bisa memilih ‘Presentation’. Untuk menulis aksara Bali, Anda bisa mulai dengan memilih ‘Text Document’ dan akan muncul halaman utama untuk menulis yang tampilannya sangat mirip dengan tampilan Microsoft Office Word. Anda yang tidak asing dengan aplikasi Microsoft Office Word tentunya bisa beradaptasi menggunakan aplikasi OpenOffice.org Writer dengan mudah.

Pilih font Bali Galang yang diperlukan, apakah menggunakan spasi atau tidak, seperti yang ditunjukkan oleh panah nomer 1. Pada beberapa komputer, Anda harus merestart dahulu komputer Anda sebelum bisa menggunakan Smart Font Transliterator Bali Galang karena terkadang di awal fontnya tidak dikenali.

Jangan lupa untuk selalu menyetel ‘Language Bar’ di taskbar ‘Start Menu’ menjadi Kiswahili (Kenya) atau ‘SW’ seperti yang ditunjukkan oleh panah nomer 2. Jika Anda tidak menyetel ‘Language Bar’, Anda tidak dapat menuliskan beberapa aksara Bali istimewa seperti taling, akara, ikara, suku ilut, dan lain-lain.

Selamat menggunakan Smart Font Transliterator Bali Galang. Untuk panduan beberapa aksara Bali istimewa yang memiliki cara pemanggilan keyboard khusus bisa Anda lihat pada berkas ‘Tabel Konvensi Pengetikan.odt’ yang terdapat di dalam CD instalasi di folder Dokumen. Terimakasih atas kesabaran Anda mengikuti panduan instalasi ini. Semoga panduan ini bisa membantu Anda dalam pemasangan Smart Font Transliterator Bali Galang di komputer Anda.

 

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: