Murniasihmu

Mari Belajar Ilmu Pasti : Manfaatkan Internet Sebagai Media Pembelajaran

EMAIL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Surat Elektronik

Electronik Mail adalah salah satu fasilitas yang paling banyak digunakan di internet, hal ini karena Email merupakan alat komunikasi yang sangat murah dan cepat. Dengan Email kita dapat terhubung dengan siapa saja yang terhubung ke internet.

Konsep Email adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita mengirim ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju.

Dengan Email data dikirim secara elektronik sehingga sampai ditujuan dengan sangat cepat, juga kita dapat mengirim file – file berupa program, grafik dan lainnya. Selain itu kita juga bisa mengirim ke beberapa orang dalam waktu yang bersamaan.

Surat elektronik merupakan layanan internet yang sangan popular. Setiap system di Net mendukung beberapa jenis layanan surat, yang berarti bahwa tidak peduli jenis computer apa yang sedang dipakai.

Siapa pun yang akses surat elektronik ke Net memiliki alamat surat elektronik . tatkala kita mengirim pesan elektronik, kita memasukkan alamat penerima sehingga computer mengerti kepada siapa akan dikirim pesan tersebut.

EMAIL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Dalam kaitannya dengan media pembelajaran, secara umum Email digunakan untuk mengirim pesan atau pun tugas – tugas oleh siswa maupun mahasiswa. Seiring perkembangan teknologi yang makin melonjak, kini pembelajaran diarahkan kesiswa yang lebih aktif. Mungkin tak jarang pembelajaran dilaksanakan secara online. Untuk itu seorang siswa harus memiliki alamat Email agar bisa terhubung ke internet. Sehingga tatkala dihadapkan pada masalah pengiriman lewat Email sisiwa bisa menjalankan tugasnya. Selain itu tugas yang dibuat bisa sampai dengan cepat. Selain itu guru juga bisa menyampaikan tugas – tugas lewat Email ke pada peserta didik nya. Jadi Email sangat berperan dalam dunia pendidikan.

Akan tetapi layanan ini akan dianggap sulit bagi siswa yang tidak memahami computer, serta yang belum mengetahui layanan email. Karena bisa saja siswa tesebut tidak mampu mengirim tugas – tugasnya. Selain itu, layanan ini sangat sulit bagi siswa yang ekonominya rendah dan tinggal jauh dari kota. Tentunya untuk bisa terhubung ke internet sangan sulit.

 

  1. Jenis – jenis Email

a)    Pop Mail

Email jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda.

Kelebihannya:

kemampuan untuk dibaca secara offline. Untuk mengecek email anda perlu connect ke server POP mail anda , lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.

Kekurangannya:

Anda tidak dapat mengecek email anda di sembarang tempat/ di warnet lain.

 

b)    Web Based Email

Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan sebagai situs seperti Yahoo, Hotmail, biasanya bersifat grafis.

Kelebihannya:

Anda bisa mengecek email dari mana saja dan browser mana saja.

Kekurangannya:

Untuk mengecek email anda harus selalu terhubung ke internet, bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu tidak begitu terasa, tetapi bagi anda yang menerima puluhan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya, karena harus connect ke internet.

 

c)    Email Forwading

Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi anda yang belum menemukan layanan email yang cocok atau suka ganti – ganti alamat email.

Kelebihannya:

Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu anda tak perlu member tahu alamat yang baru.

Kekurangannya:

Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat anda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: