Murniasihmu

Mari Belajar Ilmu Pasti : Manfaatkan Internet Sebagai Media Pembelajaran

PENGERTIAN DAN FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN

 PENGERTIAN MEDIA

Pembelajaran merupakan suatu proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui media tertentu ke penerima pesan. Dalam penyampaian pesan tidak selamanya berhasil karena sewaktu-waktu penafsiran terhadap isi pesan bisa berhasil atau gagal. Kegagalan terjadi karena adnya factor penghambat yang dikenal dengan istilah barriers. Misalnya perbedaan gaya belajar, minat , intelegensi, keterbatasan daya ingat, cacat tubuh, jarak geografis , waktu dan lain-lain. salah satu cara untuk mengatasi factor penghambat tersebut adalah media pembelajaran. Untuk itu pengetahuan tentang media sanga penting.

Kata “media” berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang artinya “perantara”. Media adalah perantara pesan dari pengirim ke penerima pesan. (Sadiman,dkk.2002). Menurut Donald P.Ely & Vernon S. pengertian media ada dua bagian yaitu arti sempit dan arti luas. Arti sempit, bahwa media itu berwujud: grafik, foto, alat mekanik dan elektronik yang digunakan untuk menangkap , memproses serta menyampaikan informasi. Menurut arti luas, yaitu kegiatan yang dapat menciptakan suatu kondisi, sehingga memungkinkan peserta didik memperoleh pengetahuan , keterampilan dan sikap yang baru.

Media belajar diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan menyampaikan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar (Ali,1992). Dari penjabaran tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswadalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

 

FUNGSI MEDIA

Media sebagai bagian dari pembelajaran mempunyai fungsi yang sangat vital bagi kelangsungan pembelajaran. Tanpa adanya media, maka pembelajaran tidak akan pernah terjadi. Menurut Degeng (2001) secara garis besar fungsi media adalah:

  1. Menghindari terjadinya verbalisme
  2. Membangkitkan minat
  3. Menarik perhatian peserta didik
  4. Mengatasi keterbatasan: ruang, waktu dan ukuran
  5. Mengefektifkan pemberian rangsangan untuk belajar

 

Ibrahim, dkk (2004) menjelaskan fungsi media pembelajaran ditinjau dari dua hal yaitu: proses pembelajaran sebagai proses komunikasi  dan interaksi antara siswa dan lingkungannya. Ditinjau dari proses pembelajaran sebagai proses komunikasi , maka fungsi media adalah sebagai pembawa informasi  dari guru ke siswa. Ditinjau dari proses pembelajaran sebagai interaksi antara siswa dan lingkungannya, maka fungsi dapat diketahui berdasarkan adanya kelebihan media dan hambatan komunikasi yang mungkin timbul dalam proses pembelajaran.

Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa media pembelajaran memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai pembawa informasi dan pencegah terjadinya hambatan proses pembelajaran, sehingga informasi atau pesan dari komunikator dapat sampai kepada komunikan secara efektif dan efisien.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: