Murniasihmu

Mari Belajar Ilmu Pasti : Manfaatkan Internet Sebagai Media Pembelajaran

SILABUS SMP

 

Silabus PEMELAJARAN

 

Sekolah                     :

Kelas                         : VII (Tujuh)

Mata Pelajaran      : Matematika

Semester                   : II (dua)

ALJABAR

Standar Kompetensi : 4.  Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian   Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

4.1    Mema-hami pe-ngertian dan notasi himpunan, serta pe-nyajiannya Himpunan

 

Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan.
  • Menyatakan masalah sehari- hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.

Tes tertulis

 

Uraian

 

Di dalam kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan.

1×40 menit

Buku teks, lingkungan
Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan

 

  • Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan

 

Tes lisan Daftar pertanyaan Di kelasmu, ada himpunan siswa yang berkacamata. Sebutkan anggota-anggotanya dan sebutkan pula yang bukan merupakan anggota.

1×40 menit

Menyatakan notasi himpunan

 

  • Menyatakan notasi himpunan

 

Tes tertulis

Uraian

Nyatakan dengan notasi himpunan: himpunan bilangan prima kurang dari 20.

1×40 menit

Membedakan himpunan kosong, nol dan notasinya

 

  • Menjelaskan himpunan kosong dan notasinya

 

Tes lisan Daftar pertanyaan Manakah yang merupakan himpunan kosong?

0 atau {0} atau Ø atau {Ø}

1×40 menit

4.2 Memahami konsep himpunan bagian.

 

Himpunan Mendiskusikan pengertian himpunan bagian

Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan

 

  • Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan

 

Tes tertulis Tes pilihan ganda Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16}

  1. {0, 2, 4, 6}
  2. {8, 10, 12, 14, 16}
  3. {10}

1×40 menit

Buku teks, lingkungan
Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan

Menemukan rumus banyak himpunan bagian suatu himpunan.

  • Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan

 

Tes tertulis

Uraian

Tulislah semua himpunan bagian dari {a, e, i, u, o}

1×40 menit

Mendiskusikan pengertian himpunan semesta

Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta

  • Menjelaskan pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.

Tes tertulis

Uraian

Kalau obyek yang dibicarakan adalah bilangan asli, maka himpunan semestanya adalah

1×40 menit

4.3 Melakukan operasi iri-san, ga-bungan, kurang (selisih), dan kom-plemen pada himpunan.

 

 

Himpunan Mendiskusikan pengertian irisan, gabungan dan kurang (selisih)  dua himpunan.

Menuliskan irisan, gabungan, dan kurang (selisih) dari  dua himpunan.

Menuliskan notasi gabungan dua himpunan.

Menyatakan notasi irisan dua himpunan.

Menyatakan notasi kurang (selisih) dua himpunan.

  • Menjelaskan pengertian irisan,  gabungan, dan kurang (selisih) dari dua himpunan
  • Menentukan irisan,  gabungan dan kurang (selisih)  dua himpunan

 

Tes tertulis

Uraian

1. Jelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan

2. Jika A = Himpunan bilangan prima kurang dari 10 dan B = Himpunan bilangan bulat antara 5 dan  15 maka:

A ∩ B =

A U B = .

A – B = .

2×40 menit

Buku teks, lingkungan
Mendiskusikan komplemen suatu himpunan

Menuliskan notasi komplemen suatu himpunan

  • Menjelaskan pengertian komplemen dari suatu himpunan

 

Tes tertulis

 

Uraian

Jelaskan pengertian komplemen dari suatu himpunan!

1×40 menit

Mendiskusikan cara menentukan  komplemen suatu himpunan

 

  • Menentukan komplemen dari suatu himpunan

Tes tertulis

 

Uraian

 

 

 

 

Tulislah komplemen dari X = {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semesta-nya adalah S adalah himpunan bilangan bulat lebih dari atau sama dengan 0 dan kurang dari atau sama dengan 10.

1×40 menit

4.4    Menyaji-kan him-punan dengan diagram Venn.

 

 

Himpunan Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram

Menggambar diagram Venn untuk berbagai himpunan

Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan

  • Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn

 

 

Tes tertulis

Uraian

Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.

P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}

Q = {h, i, j, k, l, m}

Manakah yang merupakan P ∩ Q?

Manakah yang merupakan P U Q?

2×40 menit

Buku teks, lingkungan
Menggunakan diagram Venn untuk menyajian kurang(selisih) suatu himpunan dari himpunan
  • Menyajikan kurang(selisih) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn

Tes tertulis

Tes uraian Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.

P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}

Q = {h, i, j, k, l, m}

Manakah yang merupakan P-Q?

1×40 menit

Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan
  • Menyajikan komplemen suatu himpunan

Tes tertulis

Uraian

Gambarlah pada satu diagram Venn jika himpunan semesta S adalah himpunan semua bilangan bulat, dan A adalah himpunan bilangan bulat antara 0 dan 10.

Manakah yang merupakan Ac?

2×40 menit

4.5    Menggu-nakan konsep himpunan dalam pe-mecahan masalah.

 

Himpunan Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
  • Menyelesaikan masalah dengan menggunakan  diagram Venn dan konsep himpunan

 

Tes tertulis

Uraian

Di dalam suatu kelas ada 30 siswa, 20 siswa diantaranya senang matematika, 15 siswa senang bahasa, sedang 10 siswa tidak senang matematika juga tidak senang bahasa. Berapa siswakah yang senang matematika dan senang bahasa?

2×40 menit

Buku teks, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

 

 

 

 

 

 

Silabus PEMELAJARAN

 

Sekolah                     :

Kelas                         : VII (Tujuh)

Mata Pelajaran      : Matematika

Semester                   : II (dua)

GEOMETRI

Standar Kompetensi : 5.  Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian   Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

5.1Menentu-kan hu-bungan an-tara dua garis, serta besar dan jenis sudut.

 

Garis dan Sudut

 

Mendiskusikan hubungan dua garis pada masalah kontekstual atau benda konkrit.
  • Menjelaskan pengertian dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan).

Tes tertulis

Uraian

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kedudukan dua garis yang:

  1. sejajar
  2. berimpit
  3. berpotongan
  4. bersilangan

2×40 menit

Buku Teks,

Lingkungan

  • Membagi ruas garis menjadi n bagian yang sama panjang dengan jangka.

Tes tertulis

 

Uraian

Lukislah ruas garis  dan dengan menggunakan jangka bagilah ruas garis tersebut menjadi 5 bagian yang sama panjang.

Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjelaskan satuan sudut yang sering digunakan

 

Tes lisan

Daftar pertanyaan

Apakah satuan sudut yang sering digunakan dalam kehidupan?

1×40 menit

Melakukan pengukuran sudut dengan menggunakan busur derajat

 

  • Mengukur besar sudut dengan busur derajat

 

Tes tertulis

Isian singkat

Ukurlah dengan busur derajat sudut-sudut berikut :

a.

.

b.

.

1×40 menit

    Mendiskusikan jenis-jenis sudut

Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut

 

  • Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)

 

Tes tertulis

Uraian

Jelaskan perbedaan antara sudut siku-siku, lancip dan tumpul  dan berilah contohnya.

2×40 menit

5.2 Mema hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain

 

Garis dan sudut Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain

 

 

 

 

  • Menjelaskan jenis-jenis sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan dipotong oleh garis ketiga (garis lain).

Tes tertulis

Uraian

 

 

 

 

Sebutkan  sudut-sudut sehadap, bertolak belakang, dalam berseberangan, luar berseberangan, dalam sepihak, dan luar sepihak pada gambar di atas.

2×40 menit

Buku teks,  dari kawat
Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi menggunakan busur derajat

 

  • Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain)

 

 

 

 

 

Gunakan busur derajat untuk mengukur semua sudut yang tampak pada gambar di atas.

Kesimpulan apa yang kamu peroleh.

 
Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain

 

  • Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal

 

Tes tertulis

Uraian

 

 

 

 

Jika besar sudut A = 55º, maka besar sudut CDE =  ,

 

2×40 menit

5.3 Melukis sudut

 

 

 

Garis dan sudut Melukis sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat

Memindahkan sudut dengan menggunakan penggaris dan jangka

 

  • Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka

 

Tes tertulis

Uraian

 

 

 

Lukislah sudut yang besarnya sama dengan sudut yang ada pada gambar

2×40 menit

Buku teks, penggaris, jangka
    Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut  60 dan  90 0

Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga siku-siku

  • Melukis sudut 600 dan 900.

Tes tertulis

Uraian

Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 600.

2×40 menit

 
5.4 Membagi sudut

 

 

 

Garis dan sudut Menggunakan penggaris dan jangka untuk membagi sudut menjadi dua sama besar

 

 

  • Membagi sudut menjadi 2 sama besar

 

 

Tes tertulis

Uraian

 

 

 

 

Dengan penggaris dan jangka, bagilah sudut pada gambar menjadi 2 bagian yang sama besar

2×40 menit

Buku teks, penggaris, jangka
Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut 300,  450,       1200,    dan 1500.

 

  • Melukis sudut  300,  450, 1200,    dan 1500.

 

Tes tertulis

Uraian

Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 1500.

2×40 menit

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

 

Silabus PEMELAJARAN

 

Sekolah                     :

Kelas                         : VII (Tujuh)

Mata Pelajaran      : Matematika

Semester                   : II (dua)

GEOMETRI

Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian   Kompetensi 

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

6.1 Mengiden-tifikasi sifat-sifat segiti-ga berda-sarkan sisi dan sudut-nya

 

Segiempat dan segitiga

 

Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan segitiga.

 

  • ·Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya

 

Tes tertulis

Uraian

Jelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisinya dan beri contoh masing-masing derngan gambar

1×40 menit

  • Buku teks,
  • Model-segitiga
Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan segitiga
  • ·Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya

Tes tertulis

Uraian

 Jelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudutnya dan beri contoh masing-masing derngan gambar.

1×40 menit

6.2 Menginden- tifikasi sifat-sifat perse-gipanjang, persegi, trapesium, jajargen-jang, belah ketupat dan layang-layang. Segiempat dan segitiga

 

Menggunakan lingkungan

untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya

 

  • ·Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.

 

Tes tertulis

Uraian

Jelaskan pengertian dari dua bangun berikut menurut sifat-sifatnya :

  1. persegipanjang
  2. persegi
  3. jajargenjang
  4. belahketupat

2×40 menit

Buku teks, bangun datar dari kawat dan dari karton, benda-benda di sekitar siswa.
Mendiskusikan sifat-sifat segiempat ditinjau dari diagonal, sisi, dan sudutnya.
  • ·Menjelaskan sifat sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya.

Tes tertulis

Uraian

Jelaskan sifat-sifat jajargenjang dan persegi ditinjau dari sisi , sudut dan diagonalnya.

2×40 menit

6.3 Menghi -tung keli-ling dan luas bangun se-gitiga dan segiempat serta  mengguna-kannya da-lam peme-cahan masalah.

 

Segiempat dan segitiga

 

Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat dengan cara mengukur panjang sisinya

 

  • ·Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat

 

Tes tertulis

Isian singkat

 

 

 

 

 

Keliling segitga PQR sama dengan .

2×40 menit

Buku teks, bangun datar dari kawat atau dari karton
Menemukan luas persegi dan persegipanjang menggunakan petak-petak(satuan luas)

Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegipanjang

Menemukan luas jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas persegi atau persegipanjang.

  • ·Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat

 

Tes tertulis

Isian singkat

 

 

 

 

Luas persegipanjang ABCD adalah .

4×40 menit

 
  Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat untuk menyelesaikan masalah
  • ·Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan  segiempat

 

Tes tertulis

Uraian

Pak masdar mempunyai kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 1 km dan lebar 0,75 km. Kebun tersebut akan ditanami pohon kelapa yang berjarak 10 m satu dengan yang lain. Berapa banyak bibit pohon kelapa yang diperlukan pak masdar?

2×40 menit

6.4 Melukis segitiga, garis ting-gi, garis bagi, garis berat dan garis sum-bu.

 

Segitiga Menggunakan penggaris, jangka, dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui:

1. ketiga sisinya

2. dua sisi dan satu sudut apitnya

3. satu sisi dan dua sudut

  • ·Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut

 

Tes tertulis

Uraian

Lukislah sebuah segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya 5 cm, 6 cm, dan 4 cm.

2×40 menit

Buku teks, penggaris, jangka
Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat.
  • ·Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki

 

 

Tes tertulis

Uraian

Lukislah sebuah segitiga ABC dengan AC = BC = 3 cm, dan AB = 4 cm.

2×40 menit

Menggunakan penggaris dan  jangka untuk melukis garis sumbu, garis bagi, garis berat, dan garis tinggi suatu segitiga

 

  • ·Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.

Tes tertulis

Uraian

 

 

Lukislah ketiga garis tinggi dari masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian dapatkan?

2×40 menit

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Keterangan:

Sesuai Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: